Senin, 26 November 2012

MELIHAT HISTORI DAN PANDANGAN KEDEPAN UNTUK LK PEND. AKUNTANSI FE -UNM

Pendidikan merupakan suatu proses dalam meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat indonesia yang  beriman dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, berkualitas dan mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Defenisi tersebut menggambarkan terbentuknya manusia yang utuh sebagai tujuan pendidikan yang memperhatikan kesatuan aspek jasmani dan rohani, aspek diri (individualitas) dan aspek sosial, aspek kognitif, afektif dan psikomotor, serta segi serba keterhubungan manusia dengan dirinya, dengan lingkungan sosial (horisontall) dan alamnya dan dengan tuhannya (vertikal).

Sebagai suatu komponen pendidikan, tujuan pendidikan menduduki posisi penting diantara komponen-komponen pendidikan lainnya. Dapat dikatakan segenap komponen dari seluruh kegiatan pendidikan dilakukan semata-mata terarah kepada atau ditujukan untuk pencapain tujuan tersebut. Dengan demikian maka kegiatan-kegiatan yang tidak relevan dengan tujuan tersebut dianggap menyimpang, tidak fungsional bahkan salah. Sehingga harus dicegah dan tidak dilaksanakan. Serta tujuan pendidikan bersifat abstrak karena memuat nilai-nilai yang sifatnya abstrak. Tujuan demikian bersifat abstrak karena tujuan tersebut bersifat umum, ideal, dan kandungannya sangat luas sehingga sangat sulit untuk dilaksanakan di dalam praktek. Sedangkan pendidikan harus berupa tindakan yang ditujukan kepada setiap manusia dalam kondisi tertentu untuk membangun dan meningkatkan kecerdasan para manusia dengan kata lain  tujuan pendidkan tersebut adalah “memanusiakan manusia dan menciptakan manusia seutuhnya”.

Universitas Negeri Makassar  yang merupakan salah satu pusat pendidikan formal ia lahir dan berkembang dari pemikiran efesiensi dan efektifitas di dalam pemberian pendidikan kepada masyarakat. Kelahiran dan pertumbuhannya adalah  dari dan untuk masyarakat. Artinya sebagai  institusi yang  bergelut dalam dunia pendidikan dan sekaligus sebagai  pusat pendidikan yang ada di Makassar, UNM  merupakan perangkat dari masyarakat yang memiliki kewajiban memberikan pendidikan. Perangkat ini ditata dan dikelolah secara formal mengikuti haluan yang pasti dan diberlakukan di masyarakat. Haluan tersebut tercermin dalam falsafah dan tujuan perjenjangan, kurikulum, pengadministrasian serta pengelolaannya.

Fungsi pemberian pendidikan memang bukan sepenuhnya dan memang tidak mungkin  diserahkan sepenuhnya kepada UNM. Meskipun pada dasarnya ia merupakan salah satu pusat pengembangan pendidikan yang memegang peranan penting untuk hal tersebut. Sebab pengalaman belajar, pada dasarnya bisa diperoleh sepanjang hidup manusia (long life education), kapanpun dimanapun termasuk di lingkungan keluarga dan masyarakat itu sendiri. Namun beberapa hal yang tak dapat pungkiri bahwa perguruan tinggi merupakan ladang yang sangat subur untuk peningkatan intelektual generasi bangsa. Pembentukan karakter dan ideology generasi muda berawal ditempat ini.

Sebagai  bagian dari perangkat pendidikan yang akan mencerminkan haluan UNM sebagai suatu perangkat pengembangan edukasi. Pendidikan Akuntansi FE- UNM menjadi  sebuah wadah dalam mengelaborasi keberagaman untuk mencapai tujuan perguruan tinggi negeri dan meningkatkan intelektual para mahasiswa dalam bidang akuntansi. Sasaran pendidikan akuntansi adalah manusia. pendidikan ini bermaksud membantu para mahasiswa  untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Potensi kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia seutuhnya. Ibarat biji mangga bagaimanapun wujudnya jika ditanam dengan baik, pasti menjadi pohon mangga dan bukannya menjadi pohon jambu. Mahasiswa telah menjadi salah satu ikon perubahan penting dalam sejarah sosial masyarakat, maka tidak berlebihan jika mahasiswa diberi gelar “agent of social change”. Ini menegaskan bahwa gerakan mahasiswa telah terbukti menjadi katalisator yang tidak dapat disepelekan bagi penciptaan gerakan rakyat yang massif dalam menentang penguasa yang tiran dan otoriter.

Implementasi pergerakan mahasiswa telah dikenal sejak lama bahkan sebelum berdaulatnya negara Indonesia. Pergerakan tersebut sesungguhnya lahir didunia kampus yang merupakan gerbang yang di dalamnya di huni beragam organisasi sebagai dapur yang mengkombinasikan komposisi pemikiran untuk diejawantahkan pada medan aksi.

Organisasi merupakan portal utama yang selama ini telah memperjuangkan bangsa kita. Sehingga menjadi suatu hal yang layak didalam tubuh Program Studi Pend. Akuntansi untuk membentuk organisasi sebagai representase civitas Prodi. Pend. Akuntansi yang mampu bersaing didalam dunia kampus orange universitas negeri Makassar.

Kosak (kelompok studi akuntansi) merupakan suatu wadah perjuangan mahasiswa akuntansi yang pertama kali  dan memiliki struktur pengorganisasian yang modern. Didirikan di Makassar kampus orange (Universitas negeri makassar),. Oleh mahasiswa pendidikan akuntansi. Wadah ini merupakan refleksi sikap  kritis dan keresahan intelektual dari beberapa intimidasi-intimidasi yang dilakukan oleh birokrasi UNM. Kehadiran KOSAK pada masa itu merupakan suatu episode sejarah yang menandai munculnya sebuah angkatan pembaharu dengan kaum terpelajar dan mahasiswa sebagai aktor terdepan,  dengan misi utamanya menumbuhkan kesadaran Mahasiswa  dan hak-hak kemanusiaan dikalangan Mahasiswa UNM untuk memperoleh kemerdekaan, dan mendorong semangat Mahasiswa melalui penerangan-penerangan pendidikan yang mereka berikan, untuk berjuang membebaskan diri dari penindasan. Seiring dengan berjalannya waktu, mahasiswa Prodi. Pend. Akuntansi melakukan perubahan dan perkembangan dengan melalui beberapa dinamika yang disebrangi dalam organisasi. Sehingga  para mahasiswa prodi. Pend. Akuntansi pada saat itu berkumpul dan berdiskusi untuk membicarakan bagaimana lembaga kedepannya. Berselang waktu yang cukup panjang para mahasiswa  mempunyai inovasi yang cukup cemerlang sehingga lembaga KOSAK dirubah menjadi himpunan yang bersaing ditataran universitas secara umum dan secara khusus dapat bersaing ditataran fakultas serta jurusan/ program studi.

HMPS Pend. Akuntansi (himpunan mahasiswa Program Studi pend. Akuntansi ) adalah suatu wadah organisasi yang memiliki tujuan yang jelas dan  sebagai hasil representase dari organisasi sebelumnya  (KOSAK). HMPS  pend. Akuntansi didirikan dikampus orange (universitas negeri makassar), 15 Desember 1997. Kehadiran Himpunan tesebut merupakan bukti nyata akan  kesadaran untuk melakukan perubahan yang bukan hanya pada tataran disiplin ilmu yang digeluti akan tetapi lebih dari itu perubahan yang diharapkan dengan terbentuknya lembaga ini adalah perubahan yang sifatya universal.

HIMAPRODI (himpunan mahasiswa program studi) 2004-2005
HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi) 2005-2006
BEM P.AK (badan eksekutif mahasiswa pendidikan akuntansi) 2006-2008
HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa pendidikan Akuntansi) 2008 – 2011
HIMA AKUNTANSI (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) 2011-2012
HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa pendidikan Akuntansi) 2012-Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar